Sakit Pinggang Belakang Sebelah Kiri

Sakit Pinggang Belakang Sebelah Kiri

Sakit Pinggang Belakang Sebelah Kiri,- Sakit pinggang belakang sebelah kiri, beda sakit pinggangnya beda juga penyebabnya. Begitu juga dengan sakit pinggang sebelah kiri.

Sakit Pinggang Belakang Sebelah Kiri,- Sakit pinggang belakang sebelah kiri, beda sakit pinggangnya beda juga penyebabnya. Begitu juga dengan sakit pinggang sebelah kiri.

Sakit pinggang memang banyak variasinya, termasuk sakit pinggang sebelah kiri. Beda sakit pinggangnya, beda juga penyebabnya dan cara mengatasinya pun berbeda. Sakit pinggang sebelah kiri ini sudah tidak asing lagi, karena setiap harinya pasien yang datang ke dokter sering mengeluh sakit pinggang sebelah kiri.

Sakit pinggang sebelah kiri biasanya suka menjalar sampai ke paha dan disertai dengan rasa panas dan kesemutan. Ada juga sakit pinggang yang disetai dengan sakit perut, sakit saat buang air kecil, bahkan ada yang sampai terkena demam karena sakit pinggang disebelah kirinya. Semua gejala itu akan menentukan letak penyebab dari sakit pinggang, jadi kita akan mudah menganalisanya dan menanganinya.

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri

Sakit pinggang sebelah kiri penyebabnya juga beragam, ada yang karena cedera, peradangan tau infeksi yang menyebabkan sakit pinggang sebelah kiri. Ada beberapa yang menjadi penyebab umum sakit pinggang sebelah kiri diantaranya adalah :

Strain

Strain artinya adalah ketegangan pada otot yang disebabkan cedera atau keseleo pada alat gerak yang ada di pinggang sebelah kiri. Beberapa otot dan ligamen di sepanjang tulang belakang yang berfungsi memberi dukungan dan gerakan pada pinggang suatu ketika dapat mengalami cedera, ketegangan otot dan keseleo, dan pastinya itu akibat dari kecelakaan. Hal ini sudah pasti menimbulkan rasa sakit pada pinggang sebelah kiri.

Gejalanya adalah rasa sakit berupa nyeri yang tak tertahankan di saat sedang bergerak, batuk, tertawa, dan bersin. Rasa sakit hanya dibagian pinggang saja.

Untuk solusinya adalah anda harus banyak istirahat, kompres bagian yang sakit dengan es selama 20 menit. Untuk menghilangkan rasa sakit jika sudah tak tertahankan, anda boleh mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit analgetik, tapi obat tersebut hanya menghilangkan rasa sakit sementara dan tidak menyembuhkan secara total.

Herniated disc dan skiatika

Diantara tulang belakang kita ada bantalan yang disebut disc atau diskus. Seiring waktu diskus ini bisa aus, menyusut, dan bahkan pecah. Maka akan menekan pada syaraf skiatika dan akhirnya menimbulkan rasa sakit pada pinggang.

Bantalan yang pecah atau menonjol akan menekan saraf skiatika dan kondisi seperti ini kita mengenalnya dengan saraf terjepit. Rasa sakit terasa di bawah bokong, pinggul dan menjalar sampai ke paha kaki. Terkadang kita akan mati rasa dan kesemutan yang sangat menyiksa.

Untuk solusinya adalah dengan melakukan terapi fisik, obat penghilang rasa sakit dan sangat dianjurkan untuk menyuntikan kortikosteroid. Biasanya dari penyebab sakit pinggang seperti ini akan sembuh dengan sendirinya. Hal terkahir yang paling mengerikan jika sudah ke tahap terparah adalah melakukan operasi. Jadi jangan biarkan sampai parah.

Infeksi ginjal

Infeksi pada ginjal menyebabkan rasa sakit pinggang yang serius. Infeksi biasanya dimulai dari kandungan kemih, naik ke atas ginjal sehingga ginjal menjadi meradang dan tentunya timbul rasa sakit pada pinggang sebelah kiri. Demam dan mual akan menyertai infeksi ginjal ini. Rasa sakit akan semakin menyiksa ketika pinggang digerakan.

Infeksi ginjal akan menjadi kronis jika tidak segera ditangani dengan benar. Segera datangi dokter dan biarkan dokter ahli ginjal yang menangani semuanya.

Batu ginjal

Kalau yang tadi infeksi ginjal, kalau sekarang adalah batu ginjal. Tentunya infeksi ginjal dan batu ginjal sangat berbeda. Rasa sakit yang luar biasa tiba-tiba muncul, dan biasanya pasien akan mengeluh karena ini rasa sakit yang pertama dirasakannya. Timbul sensai ingin buang air kecil pada penderita batu ginjal ini, bahkan buang air kecil yang disertai urine campur darah. Jika beruntung, biasanya pasien akan melihat batu yang ikut keluar dari urinnya.

Untuk hal ini maka sebaiknya adalah menghilangkan dulu rasa sakitnya. Perbanyak minum air putih yang bersih dan jangan sampai kekurangan air. Solusi terbaiknya adalah biarkan dokter ahli urologi yang menanganinya.

Baca juga : Obat Herbal Sakit Pinggang

Kista ovarium

Penyakit kista yang terbentuk di ovarium pada wanita akan menimbulkan rasa sakit pada perut bawah sebelah kiri atau kanan dan bahkan menjalar sampai ke pinggang sebelah kiri atau kanan, itu tergantung ovarium sebelah mana yang terkena kista.

Penyebab Lainnya

Tumor, fibroid, iritasi usus, penyakit ulkus peptikum dan perdangan pankreas juga bisa menjadi penyebab sakit pinggang sebelah kiri. Sebenarnya ada banyak penyebab sakit pinggang itu, tapi itu tergantung kondisi medis bagi penderitanya. Dalam penentuan diagnosis, dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan, mulai dari wawancara (anamnesis), pemeriksaan fisik, hingga pemeriksaan penunjang jika diperlukan.

Untuk menentukan kapan anda harus pergi ke dokter, maka anda harus mengetahui beberapa gejala umumnya. Jika anda mengalami gejala berikut, maka anda harus segera periksakan ke dokter. Diantaranya adalah :

  • Sakit perut yang tiba-tiba parah
  • Badan teras lemas
  • Demam dan menggigil kedinginan
  • Berat badan turun
  • Suka berkeringat pada malam hari
  • Kesulitan BAB dan BAK

Itulah sedikit ulasan  dan penyebab tentang sakit pinggang sebelah kiri. Jika anda sudah memahami penyebab dan gejalanya, maka tidak sulit untuk anda mencegahnya sebelum terlambat.

Posted by : sakit pinggang belakang sebelah kiri

Obat Sakit Pinggang

-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *